Jumat, 28 Juli 2017

Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Sahur

Ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi ketika sahur. Makanan ini sangat penting untuk menunjukkan energi ketika puasa. Sebab ketika berpuasa , badan tidak mendapat asupan makanan selama seharian. Dengan makanan yang sempurna , kebutuhan energi badan akan terpenuhi meskipun kita sedang berpuasa.

Demi menjaga kesehatan ketika puasa , sangat penting untuk mengatur makanan yang kita konsumsi baik ketika berbuka maupun ketika sedang sahur. Terutama ketika sahur , alasannya ialah sahur merupakan kunci energi bagi badan untuk beraktifitas selama seharian.

makanan indah dikonsumsi ketika saur
Makanan Berkarbohidrat komplek

Makanan untuk sahur

Makanan dengan karbohidrat kompleks

Sebaiknya Anda jangan mengonsumsi sembarang karbohidrat , terlebih ketika puasa. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks sangat direkomendasikan dalam menu sahur Anda. Sebab makanan dengan karbohidrat kompleks mampu membuat perut kenyang dalam waktu lama. Kaprikornus Anda tidak akan mudah lapar ketika berpuasa. Selain itu , karbohidrat kompleks juga lebih sehat bagi badan kalau dibanding makanan dengan karbohidrat biasa. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jika badan kekurangan karbohidrat , maka akan jadi lelah , lemah , serta kesulitan berpikir. Oleh karena itu , ketika berpuasa Anda juga harus mencukupi kebutuhan badan akan karbohidrat. Contoh jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain gandum utuh , biji-bijian , produk kedelai , buah-buahan , sayur , susu , dan acar.

Makanan yang berair

Menjaga kebutuhan cairan badan selama berpuasa menjadi sangat penting. Selama seharian tidak minum , tentu badan akan kekurangan cairan. Untuk mengatasi hal ini , perbanyaklah minum air dan mengonsumsi makanan lembap ketika sahur maupun berbuka. Makanlah secara bersiklus , jangan makan pribadi kenyang sekaligus. Makanan yang harus dikonsumsi ketika sahur harus mengandung banyak cairan menyerupai buah maupun sayuran segar. Anda juga mampu mengonsumsi makanan yang berkuah menyerupai sup untuk menambah cairan tubuh. Hindari minum kopi dan soda karena bersifat diuretik dan akan mengeluarkan cairan badan melalui air kencing.

Kurma

Buah kurma merupakan makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa. Buah ini juga sangat baik dimakan ketika sahur karena akan menunjukkan energi bagi tubuh. Buah kurma juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Untuk Anda yang mengalami susah BAB ketika puasa , konsumsi kurma sangat disarankan.
Baca juga : Manfaat Buah Kurma untuk Buka Puasa

Itulah makanan yang harus dikonsumsi ketika sahur dari tipsehat.info dan sebaiknya perhatikan asupan makanan ketika berpuasa semoga badan tetap sehat. Jika badan sehat , maka kita juga mampu menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar