Minggu, 30 Juli 2017

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Obat Diare

Buah sirsak mempunyai nama dalam bahasa inggris "soursog" dan nama ilmiah nya Annona muricata L. Orang Sunda menyebut buah sirsak dengan nama Nangka Walanda , orang Jawa menyebut buah ini dengan nama Nangka Landa , dan orang Minang menyebut buah ini dengan nama Durian Betawi. Sirsak mempuinyai buah yang rasanya asam manis serta menyegarkan dikala dimakan. Selain dapat dikonsumsi ibarat buah lain pada umumnya , buah sirsak ternyata sudah sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Begitu pula dengan biji , daun dan akar sirsak yang dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan.
manfaat buah sirsak untuk kesehatan
Manfaat buah sirsak

Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak dijadikan sebagai materi untuk obat tradisional karena mengandung aneka macam senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah sirsak kaya akan kandungan serat untuk memfasilitasi gerakan usus dan pencernaan. Selain itu , serat dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Di samping itu , buah sirsak juga mampu membantu mengontrol nafsu makan sehingga berat tubuh pun akan tetap terjaga. Satu cangkir sirsak mengandung karbohidrat sekitar 38 gram dan merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Jenis karbohidrat pada buah sirsak ternyata jauh lebih sehat dibandingkan karbohidrat dalam kudapan manis atau soda atau kudapan manis yang mampu memicu kenaikan glukosa/gula darah. Sirsak termasuk makanan sehat yang mampu meningkatkan pasokan kalium untuk tubuh. Kalium dapat membantu sistem pencernaan dan mengatur tekanan darah supaya tetap sehat.

Buah sirsak banyak mengandung vitamin C

Buah sirsak kaya akan kandungan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh (imun). Selain itu , vitamin C mampu membantu tubuh untuk melawan serangan penyakit ibarat kerusakan jaringan kulit dan membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Di samping itu , vitamin C berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mineral yang banyak terkandung dalam sirsak yaitu fosfor dan kalsium. Kedua jenis mineral tersebut sangat penting untuk proses pembentukan massa tulang. Kalsium dan fosfor juga berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta menghambat terjadinya osteoporosis. Buah sirsak mengandung lemak yang sangat sedikit sekali sehingga baik untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan obesitas.

Buah sirsak mengobati diare

Beberapa manfaat buah sirsak diantaranya yaitu untuk mengobati diare atau mencret pada bayi. mengatasi penyakit ambeien , menyembuhkan penyakit anyang-anyangan , mengatasi sakit pada kandung kemih dan sangat baik untuk para penderita penyakit liver. Selain buahnya yang berguna untuk kesehatan , ternyata biji sirsak pun sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Biji sirsak kaya akan kandungan zat emesis yang mampu digunakan untuk mengurangi rasa mual dan muntah. Jus buah sirsak yang dikonsumsi setelah berbuka puasa mampu menyembuhkan penyakit lepra dan penyakit hati ringan. Rebusan tunas atau daun sirsak mampu menyembuhkan gangguan kandung empedu , batuk , demam dan gangguan pencernaan. Daun sirsak yang ditumbuk mampu digunakan untuk mengatasi gangguan kulit dan penyakit reumatik. Selain itu , kulit akar pohon sirsak mampu dijadikan sebagai obat penawar racun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar