Kamis, 03 Agustus 2017

13 Manfaat Super Buah Pisang untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti

Pisang ialah salah satu jenis buah-buahan yang berbagai terdapat di Indonesia. Hampir seluruh wilayah di nusantara selalu terdapat pohon pisang. Selain daging buahnya yang memang enak untuk dikonsumsi , bagian-bagian lain dari pohon pisang pun ternyata bisa dijadikan sebagai materi pengobatan kesehatan. Buah pisang kaya akan kandungan kalium , potassium dan asam folat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil khususnya semoga perkembangan janinnya lebih sehat. Selain itu , buah pisang bisa membantu badan untuk menyimpan cadangan kalsium , fosfor dan nitrogen yang berfungsi untuk membangun regenerasi dan perbaikan jaringan dalam tubuh. Buah pisang juga mengandung banyak vitamin B kompleks , vitamin C , magnesium dan zat besi.
pisang obat infeksi , pisang obat kulit , pisang obat jantung
Buah pisang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Manfaat buah pisang yang utama ialah untuk menyembuhkan gangguan sistem pencernaan menyerupai susah buang air besar dan juga mengobati penyakit maag. Pisang dapat menetralkan cairan asam di dalam lambung sehingga bisa mengurangi iritasi akhir dari sakit maag dengan cara melapisi permukaan lambung. Hal inilah yang kemudian menimbulkan buah pisang sangat aman untuk dikonsumsi penderita maag.

2. Sumber Vitamin C

Kandungan Vitamin C buah pisang ternyata sangat banyak. Setiap buah pisang rata-rata mengandung sekitar 10mg Vitamin C. Dengan mengkonsumsi tiga buah pisang setiap hari kita sudah bisa mencukupi separuh dari kebutuhan Vitamin C badan setiap harinya.

3. Penunda Lapar

Bagi seseorang yang selalu sibuk dengan pekerjaannya dan jam makan tidar teratur , buah pisang cocok ada di tas anda alasannya kandungan serat pada buah pisang sebesar 3gram dapat menunda rasa lapar anda hingga waktunya makan berat.

4. Mengobati Jerawat

Daging buah pisang yang sudah matang atau menguning bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Caranya dengan menumbuk daging buah pisang hingga halus lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama beberapa waktu lalu bilas hingga bersih. Lakukan selama beberapa hari secara rutin hingga infeksi hilang dari kulit.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi mereka yang sedang bermasalah dengan kulit kering dan garang , maka buah pisang pun dapat dijadikan sebagai materi pengobatgan alami. Caranya dengan menghancurkan atau menumbuk buah pisang dan kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Gunakan racikan ini sebagai masker pada kulit wajah yang kering dan kasar.

6. Sumber Energi

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi 2 pisang sehari maka dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu , buah pisang juga dipercaya sebagai penambah energi ketika melaksanakan rutinitas sehari-hari.

7. Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak

Karena buah pisang kaya akan kandungan potasium , maka buah ini dapat membantu memperlancar sirkulasi oksigen ke otak. Selain itu , buah pisang juga dapat mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan penyakit stroke.

8. Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

Bagi perempuan yang sering sekali mengalami rasa nyeri sat haid , maka bisa dengan banyak mengkonsumsi buah pisang. Buah ini diyakini bisa mengurangi keluhan keram di bab perut dan rasa nyeri ketika hadi pun akan berkurang.

9. Mengurangi Rasa Gatal Akibat Tergigit Nyamuk

Gigitan nyamuk bisa menjadi sangat menganggu dan rasa gatalnya dapat dihilangkan seketika dengan menggunakan kulit pisang. Caranya cukup dengan mengoleskan bab dalam dari kulti pisang secara perlahan ke area kulit yang tergigit nyamuk.

10. Dapat Meningkatkan Mood Baik

Jika suasana hati anda sedang tidak enak , makanlah satu buah pisang dan  tunggu beberapa menit maka mood anda akan kembali lagi dengan suplemen tenaga dalam tubuh.

11. Obat Alami untuk Luka Bakar

Pisang dapat menyembuhkan lebih cepat luka bakar anda dengan cara , haluskan daging buah pisang kemudian oleskan pada bab kulit yang terbakar

12. Menormalkan Tekanan Darah

Baik dikomsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi alasannya kalium pada buah pisang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

13. Mencegah Serangan Jantung

Dengan normalnya tekanan darah alasannya rutin mengkonsumi buah pisang , kita selangkah didepan bebas dari serangan jantung dan flavonoid pada buah pisang dapat mencegah oksidasi lemak yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar