Jumat, 11 Agustus 2017

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan memang sangat luar biasa. Selain bernilai ibadah , puasa yang dilakukan pada bulan Ramadhan juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Sebab pada Ramadan , contoh makan kita menjadi lebih teratur sehingga tubuh pun akan terhindar dari banyak sekali penyakit yang mungkin menyerang.

Puasa juga sering dikaitkan dengan detoksifikasi tubuh. Terlebih bila dilakukan selama satu bulan penuh , tentu manfaatnya akan sangat baik bagi kesehatan. Racun-racun yang ada di dalam tubuh kita bisa dikeluarkan dengan melaksanakan Ibadah yang istimewa ini. Oleh alasannya itu , marilah kita simak beberapa manfaat puasa yang sangat luar biasa ini.
Manfaat puasa

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa yang dilakukan satu bulan penuh pada bulan Ramadhan bisa menimbulkan tubuh lebih kebal. Tubuh akan mengeluarkan racun dan menghilangkan lemak yang tak memiliki kegunaan dari dalam tubuh. Ketika berpuasa , limfosit di dalam tubuh akan meningkat 10 kali lipat. Makara tubuh akan terhindar dari serangan virus dan penyakit.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Menurut penelitian yang telah dilakukan , puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Resiko penyakit jantung dan stroke akan menurun bila kadar kolesterol di tubuh turun dan stabil. Apalagi untuk mereka yang menjalani perilaku diet sehat , dengan berpuasa , kolesterol di tubuh menjadi lebih mudah turun.

Membuat otak lebih cerdas

Puasa juga bisa membuat otak jadi lebih cerdas. Manfaat puasa Ramadhan ini memang cukup baik untuk meningkatkan daya pikir pada otak. Saat berpuasa , neurotropik yang ditrunkan dari otak jadi lebih meningkat. Makara produksi sel otak akan lebih banyak dan meningkatkan kecerdasan kita.

Menurunkan berat badan

Puasa memang bisa menurunkan berat tubuh turun. Namun sebaiknya niatilah puasa di bulan Ramadhan ini sebagai ibadah , bukan diet. Adapan berat tubuh yang turun akhir berpuasa ini hanyalah sebagai bonus atas ibadah yang telah kita lakukan.

Mencegah penyakit diabetes

Puasa juga akan menghindarkan kita dari penyakit berbahaya ibarat diabetes. Penyakit diabetes dipicu oleh adanya kadar gula yang amat tinggi di dalam tubuh. Dengan berpuasa , maka kadar gula akan lebih terkontrol sehingga kemungkinan terkena penyakit diabetes juga bisa diminimalisir.


Menyerap banyak nutrisi

Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan juga bisa bantu tubuh untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Ketika puasa perut akan jadi kosong selama seharian , jadi sistem metabolisme tubuh juga akan berjalan lebih efisien. Makanan yang kita konsumsi akan terserap nutrisinya dengan baik oleh tubuh bila kita berpuasa seharian.

Menurunkan darah tinggi

Selain mencegah diabetes , puasa juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Puasa akan mengurangi resiko aterosklerosis ialah berupa penyumbatan arteri oleh partikel lemak yang bisa meningkatkan tekanan darah. Makara dengan berpuasa , resiko terkena tekanan darah tinggi juga bisa dicegah.
Begitu luar biasa manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan. Semoga kita bisa melewatinya selama satu bulan penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar