Sabtu, 05 Agustus 2017

Manfaat Buah Rambutan atau Ace untuk Kesehatan

Rambutan merupakan buah yang mampu tumbuh dengan sangat subuh di daerah tropis. Buah ini berasal dari sebuah daerah kepulauan di tempat Asia Tenggara. Buah ini termasuk buah musiman sehingga tidak mampu ditemui atau dibeli setiap waktu. Kulit buah ini memiliki sejenis rambut yang agak panjang , dan lumayan kaku dikala disentuh. Buah rambutan banyak diminati alasannya ialah daging buahnya yang tebal , dan juga sedikit kenyal serta banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Jenis-jenis buah rambutan

Jenis rambutan Rapiah memiliki biji yang mampu mudah terlepas dari dagingnya sehingga kita dapat mampu menikmati daging buah seluruhnya. Ada juga jenis rambutan Si Nyonya yang tampilannya sangat indah dan menarik. Rambut pada kulitnya tergolong lebat dan berwarna merah sehingga akan semakin mempercantika tampilan dari jenis buah rambutan ini. Buah rambutan banyak mengandung kalori , karbohidrat dan vitamin C. Buah ini termasuk sangat mudah untuk dicerna alasannya ialah seratnya sangat banyak. Selain itu , kandungan kalori dari buah rambutan cukup rendah sehingga sangat cocok untuk mendukung kegiatan diet. Berikut ini beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan.

manfaat buah rambutan bagi kesehatan
Buah rambutan

Menangkal Radikal Bebas

Kulit buah rambutan mengandung banyak sekali senyawa organik yang berguna untuk kesehatan. Salah satu senyawa yang terkandung pada rambutan ialah asam galat yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Di samping itu , senyawa ini akan membantu melindungi badan dari terjadinya kerusakan oksidatif.

Penambah Stamina Alami

Buah rambutan sangat cocok dikonsumsi setelah melaksanakan olahraga alasannya ialah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan yang tinggi terbukti mampu mengembalikan energi ataupun penambah stamina sehabis berolahraga. Saat ini sudah banyak sekali pemanis kesehatan yang menggunakan ekstrak kulit dan buah rambutan untuk memulihkan tenaga atau energi.

Melindungi Fungsi Ginjal

Kandungan fosfor dalam buah rambutan mampu membantu menjaga kesehatan dari organ ginjal. Fosfor berguna untuk mengeluarkan segala jenis kotoran yang memang tidak seharusnya mengendap di dalam ginjal. Selain itu , buah rambutan juga mampu membantu pemeliharaan sel-sel dan jaringan badan baik itu dari segi perbaikan ataupun peremajaan. Kalsium dan fosfor yang terkandung pada buah rambutan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

Mengobati Diabetes

Rambutan sudah sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit diabetes , hipertensi dan banyak sekali jenis penyakit kronis yang lainnya. Di samping itu , kandungan flavonoid pada rambutan mampu mengurangi kadar kolesterol yang jahat (LDL) dan juga mampu menjadikan obesitas.

manfaat buah ace bagi kesehatan
Buah ace atau rambutan

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat memicu seseorang untuk terkena penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk mencegah terserang jantung dan stroke , mampu memanfaatkan khasiat dari buah rambutan yang mampu membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Untuk memperoleh khasiat yang maksimal dari rambutan , disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi buah ini sehingga kesehatan jantung mampu tetap terjaga dan meminimalisir resiko terkena penyakit stroke.
Baca juga : Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar