Sabtu, 12 Agustus 2017

Jenis Makanan Berat yang Bagus dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat sangatlah penting. Sebab ketika puasa , badan tidak mendapat asupan makanan selama seharian. Oleh alasannya itu , ketika berbuka , badan membutuhkan asupan ekstra semoga energi mampu kembali. Yang dimaksud di sini bukan jumlah makanan yang kita konsumsi. Tetapi nilai gizi dari makanan tersebut.

Puasa pada bulan Ramadhan satu bulan penuh merupakan tantangan tersendiri. Setelah seharian perut kosong , tentu dikala berbuka Anda mendambakan makanan yang lezat dan penuh selera. Akan tetapi harus dipastikan makanan yang Anda konsumsi baik untuk kesehatan dan tidak mengganggu puasa itu sendiri. Jika hanya mengonsumsi makanan asal enak tetapi tidak sehat , maka kondisi kesehatan badan mampu saja menurun yang justru akan mengganggu ibadah puasa.

Jika makanan yang dikonsumsi tidak mampu menjaga kondisi badan , maka Anda malah mampu terserang penyakit pada bulan puasa. Penyakit ibarat maag , anemia , sembelit maupun sakit kepala merupakan beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang dikala puasa. Oleh alasannya itu , Anda harus mencegahnya dengan konsumsi makanan yang sehat.
oat makanan sehat untuk berbuka puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat :

Beras merah

Meskipun sama-sama beras , namun beras merah dan beras putih memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jikalau dibanding beras putih. Akan tetapi kandungan gula yang ada pada beras merah justru lebih rendah. Makan dengan nasi dari beras merah akan membuat perut kenyang lebih lama namun tidak akan membuat gula darah menjadi naik drastis. Nasi dari beras merah sangat baik dikonsumsi pada dikala sahur maupun berbuka puasa.

Oat

Oat merupakan sumber karbohidrat yang mampu menjadi pengganti nasi. Anda mampu membuat oat yang dicampur belahan buah untuk buka puasa. Oat memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat mudah dicerna yang baik untuk berbuka puasa.

Sayuran hijau

Anda membutuhkan asupan serat dan vitamin dari sayuran segar berdaun hijau. Jenis sayuran ini sangat mudah dicerna badan sehingga tidak akan membuat organ pencernaan bekerja keras setelah seharian beristirahat. Akan tetapi perhatikan dikala memasak sayuran semoga kandungan vitamin yang ada tidak hilang. Sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang alasannya mampu menghilangkan kandungan gizi yang ada.

Buah-buahan

Buah segar juga merupakan makan yang sangat nikmat dan sehat untuk berbuka. Vitamin yang terdapat pada buah cukup bermanfaat dikonsumsi ketika berbuka. Anda juga mampu mengonsumsi buah terlebih dulu sebelum mengonsumsi makanan berat , jadi sistem pencernaan akan mampu menyesuaikan diri.

Kacang-kacangan

Karena kandungan proteinnya yang tinggi , kacang-kacangan juga cukup sehat untuk dikonsumsi , terlebih ketika berbuka. Contoh kacang yang mampu dikonsumsi antara lain kacang tanah , kacang hijau dan buncis. Kacang juga mampu diolah menjadi aneka macam makanan yang nikmat.

Makanan berbuka puasa yang sehat di atas mampu menjadi ide Anda untuk memilih menu berbuka. Semoga bermanfaat dan puasa Anda selalu lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar