Sabtu, 05 Agustus 2017

Kenali Penyebab Utama Diare Pada Bayi dan Balita

Diare merupakan suatu penyakit yang menimbulkan fases atau tinja bermetamorfosis lembek atau cair , yang dapat sering terjadi dalam waktu 24 jam. Penyakit diare dapat menyerang siapa saja , dari orang cukup umur bahkan pada bayi. Diare yang sering terjadi pada bayi memiliki resiko kematian lebih tinggi daripada pada orang cukup umur , karena orang cukup umur lebih dapat mudah mengeluhkan rasa apa yang dirasakan daripada pada bayi , yang hanya mampu menangis. Angka kematian bayi di Indonesia karena diare sangat tinggi , yang disebabkan karena dehidrasi. Oleh karena itu , anda sebagai orang renta harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab diare pada bayi.
Penyebab utama diare pada bayi
Diare pada bayi

Sistem pencernaan pada bayi

Bayi sering mengalami diare , karena sistem pencernaan pada bayi belum sempurna. Pada bayi yang gres saja lahir sering sekali membuang fases atau tinja bahkan hampir terjadi setiap setelah menyusui. Berikut ini beberapa penyebab diare pada bayi :

1. Infeksi

Penyebab diare pada bayi yang pertama yaitu karena jerawat basil atau virus dan mungkin saja dari antibiotic , benalu , atau sesuatu yang dimakan oleh bayi.

  • Jenis basil yang sering menjadi penyebab diare pada bayi diantaranya ialah shigella , salmonella , atau E.coli. Pada bayi yang menderita diare karena basil ini selain mengalami diare juga mengalami demam tinggi.
  • Jenis virus yang menjadi penyebab diare pada bayi diantaranya ialah calicivirus , rotovirus , dan influenza yang sering disertai dengan terjadinya muntah dan demam.
  • Infeksi benalu yang menjadi penyebab diare pada bayi yaitu berupa giardiasis yang disebabkan oleh parasite mikroskopis , yang hidup dalam usus. Pada jenis jerawat ini mudah menyebar ke bayi lainnya.
  • Terjadinya jerawat pada indera pendengaran bayi yang disebabkan oleh basil atau virus juga dapat menjadi penyebab diare pada bayi.
  • Bayi yang mengkonsumsi antibiotik kemungkinan akan menderita diare , karena terkadang antibiotik dapat membunuh basil yang baik di dalam usus.

2. Mengkonsumsi gula berlebih

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman jus buah pada bayi dapat juga menjadi salah satu penyebab diare pada bayi. Ini karena jus buah mengandung kadar sorbitol dan tinggi fruktosa , yang dapat mengganggu perut bayi sehingga menyebabkan sakit perut.

3. Alergi makanan

Alergi makanan juga mampu menjadi penyebab diare pada bayi. System kekebalan badan bayi yang merespon protein makanan dapat berbahaya bila menyebabkan reaksi ringan , ibarat diare. Karena kekebalan badan bayi belum tepat dalam mencerna zat-zat yang ada pada makanan.

4. Keracunan

Diare pada bayi mampu saja terjadi karena keracunan. Usia bayi ialah masa dimana ia suka memasukkan apa saja ke dalam mulut. Terkadang barang yang bayi makan terdapat racun yang menjadi penyebab diare pada bayi.

5. Alergi susu formula

Alergi terhadap susu formula juga dapat menjadi penyebab diare pada bayi. Bagi ibu muda yang sibuk sering , menawarkan susu formula sebagai ganti dari ASI. Jika bayi tidak dapat memproduksi enzyme lactose dalam jumlah yang cukup , maka bayi tidak dapat mentoleransi makanan yang mengandung laktosa yang akan menyebabkan diare.

Demikian lima penyebab utama diare yang dialami pada bayi , jaga kesehatan bayi anda semoga anak anda tumbuh dan berkembang dengan sehat , semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar