Kamis, 10 Agustus 2017

Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Saat Ramadhan

Saat bulan Ramadhan tiba , wanita yang sedang hamil juga ingin ikut menjalankan puasa. Tapi apakah puasa aman bagi wanita yang sedang hamil? Jawabannya yaitu aman-aman saja asalkan sang ibu tidak mengalami gangguan kesehatan dan problem kehamilan. Meski begitu , ibu hamil yang berpuasa juga harus tetap menjaga kesehatannya semoga aman bagi kehamilan. Berikut tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil yang perlu diketahui.
Tips Sehat Berpuasa untuk Ibu Hamil Saat Ramadhan
Tips berpuasa untuk ibu hamil

Puasa Ramadhan ketika hamil

Ada kalangan dokter yang mempercayai bahwa puasa juga bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil. Asalkan kondisi fisik ibu prima dan tidak mengalami gangguan kehamilan , puasa bulan Ramadhan tetap boleh dilakukan bahkan hingga satu bulan penuh. Akan tetapi , asupan nutrisi baik ketika buka maupun sahur juga harus dipenuhi dengan konsumsi makanan bergizi. Selain itu wanita hamil harus menghindari stres dan cukup istirahat semoga kondisi fisiknya tetap segar.

Morning sickness ketika puasa
Pada awal kehamilan , wanita yang sedang hamil seringkali mengalami problem mual dan muntah atau disebut dengan morning sickness. Jika hal ini terjadi , sangat penting berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran yang tepat.

Tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil
  • Makanlah perlahan ketika berbuka puasa. Penuhi kebutuhan nutrisi yang diharapkan selama kehamilan.
  • Sebaiknya makan sahur mendekati waktu imsyak , dan konsumsilah makanan bergizi ketika sahur.
  • Minumlah banyak air secara terjadwal dari waktu buka hingga final sahur. Air putih sangat penting untuk menjaga kebugaran badan pada masa kehamilan.
  • Wanita hamil sering mengalami problem sembelit , terlebih ketika puasa. Oleh sebab itu , Anda mampu konsumsi makanan yang banyak serat ibarat sayuran dan buah kurma.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein baik protein hewani maupun protein nabati.
  • Kurangi makanan yang berminyak dan mengandung lemak sebab tidak baik untuk kesehatan ibu hamil , terlebih ketika berpuasa.

Alasan Ibu hamil membatalkan puasa
Dikarenakan kondisi Anda sedang hamil , Anda mampu membatalkan puasa jikalau terjadi hal-hal yang mampu mengganggu kesehatan. Masalah tersebut ibarat misalnya pusing , pandangan kabur dan susah bernapas. Ibu hamil yang membatalkan puasa sebaiknya menggantinya pada lain hari sebab puasa hukumnya wajib. Semoga ulasan tips puasa Ramadhan untuk ibu hamil ini mampu bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar