Jumat, 11 Agustus 2017

Tips Puasa bagi Ibu Menyusui di Bulan Ramadhan

Banyak dari Ibu menyusui yang ingin tetap mampu berpuasa. Namun di antara mereka banyak yang khawatir alasannya ialah takut air susunya akan berkurang sehingga bayinya tidak mampu menyusu dengan cukup. Padahal jikalau disiasati dengan jitu , wanita yang menyusui juga tetap berpuasa. Dengan tips puasa bagi ibu menyusui di bulan Ramadhan berikut , Anda akan mampu menjalankan Ibadah puasa Ramadhan dengan hening meskipun masih menyusui si kecil.

Wanita yang menyusui membutuhkan lebih banyak asupan. Makara ketika berpuasa juga harus memperhatikan hal ini. Ketika berpuasa , mampu saja menghipnotis produksi ASI dan menjadikan sang bayi kekurangan susu. Kondisi fisik dan mental sang Ibu sangat menentukan dalam hal ini. Memang wanita yang menyusui boleh tidak berpuasa dengan menggantinya di lain hari. Namun tidak ada salahnya jikalau Anda mencobanya. Asalkan badan sehat dan tidak ada persoalan bagi bayi , Anda tetap mampu menjalankan Ibadah puasa selama satu bulan penuh.
Puasa untuk Ibu Menyusui
Puasa bagi Ibu Menyusui

Cara puasa untuk ibu menyusui

Tetap makan 3 kali
Orang yang puasa pasti akan mengalami penurunan energi alasannya ialah tidak makan dan minum selama seharian. Terlebih wanita yang menyusui , pastilah membutuhkan banyak asupan nutrisi supaya produksi ASI tetap lancar. Oleh alasannya ialah itu , ibu menyusui yang puasa disarankan untuk tetap makan 3 kali sehari. Jadwal makannya yaitu pada dikala sahur , berbuka dan malam setelah waktu tarawih atau tengah malam. Makan tiga kali sehari akan membuat badan cukup energi supaya mampu beraktifitas pada siang harinya.

Olahraga ringan
Olahraga bermanfaat untuk menjaga badan supaya tetap bugar. Karena Anda sedang puasa , cukup lakukan olahraga ringan yang penting mampu membuat badan aktif bergerak. Contoh olahraga yang mampu dilakukan yaitu meluangkan waktu untuk jalan kaki sambil menggendong si kecil. Jalan-jalan pada pagi hari selama 15 menit sudah mampu membuat badan semakin segar.

Banyak minum
Tips puasa bagi ibu menyusui selanjutnya yaitu harus banyak konsumsi air putih. Tubuh Anda harus cukup cairan selama berpuasa , terlebih alasannya ialah sedang menyusui. Minumlah secara terencana semenjak waktu buka sampai simpulan waktu sahur. Konsumsi air putih yang cukup akan mencegah dehidrasi dan produksi ASI tetap lancar.

Konsumsi makanan bergizi
Wanita yang berpuasa sambil menyusui harus mendapat asupan makanan bergizi yang cukup. Bukan hanya banyak makan tetapi tingkatkan juga kualitas makanan yang dikonsumsi. Buah dan sayuran sangat penting alasannya ialah kandungan vitamin dan mineral yang baik.

Perhatikan kondisi si kecil
Anda juga harus tetap mengamati kondisi bayi Anda dikala berpuasa. Pastikan tidak ada gangguan kesehatan yang muncul alasannya ialah Anda menyusui sambil berpuasa. Beberapa kasus bayi menjadi lemas dan rewel alasannya ialah asupan ASI menjadi berkurang. Terlebih jikalau sang bayi hanya menyusu dan belum diberi makanan.

Untuk para ibu masih mampu berpuasa meskipun sambil menyusui. Asalkan tidak terjadi gangguan kesehatan , puasa boleh dilanjutkan sampai simpulan bulan. Namun jikalau terjadi persoalan pada bayi , sebaiknya konsultasikan pada andal kesehatan atau dokter. Semoga tips puasa untuk ibu menyusui di bulan Ramadhan ini mampu bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar