Senin, 07 Agustus 2017

Mengenal Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Mengenal Beberapa Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia - Kebutuhan pokok insan itu pada dasarnya terbagi menjadi tiga yaitu kebutuhan sandang (pakaian) , pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal). Namun , sebenarnya ada beberapa kebutuhan lainnya yang tidak kalah penting dalam kehidupan ini , salah satunya yaitu kebutuhan akan kesehatan. Tanpa fisik yang sehat seseorang tidak dapat melaksanakan acara sebagaimana mestinya sehingga dilema kesehatan juga perlu menerima prioritas utama. Sejalan dengan hal tersebut , kini bidang kesehatan memang sudah tidak diremehkan lagi. Salah satu buktinya , sebagaian dari masyarakat kita sudah banyak yang memproteksi kesehatannya dengan cara mengikuti atau join dengan salah satu perusahaan asuransi kesehatan.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

asuransi kesehatan individu

Jika dilihat dari jumlah pesertanya , asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: Pertama yaitu jenis asuransi kesehatan individu. Apa yang dimaksud dengan jenis asuransi kesehatan yang satu ini? Asuransi Kesehatan Individu merupakan produk asuransi yang bergerak di bidang kesehatan dan secara khusus menangani dilema jaminan kesehatan secara individu atau perorangan. Anda dapat memperoleh produk asuransi ini dengan cara mengajukannya secara pribadi ke distributor atau perusahaan asuransi yang terdapat di tempat sekitar rumah anda.

jenis asuransi keluarga

Kedua , jenis asuransi kesehatan keluarga yaitu salah satu produk asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan anda dan keluarga. Berapa banyak orang yang didaftarkan dalam asuransi tersebut akan sangat tergantung pada anda sebagai nasabah asuransi dan semuanya itu dapat ditentukan pada police asuransi yang telah ditentukan di masing-masing perusahaan asuransi yang dimaksud. Istimewanya produk asuransi yang satu ini terletak pada cakupan tanggungan yang dapat berlaku bagi semua anggota keluarga yang telah anda daftarkan. Namun premi yang harus anda bayarkan kepada perusahaan asuransi juga akan lebih besar jikalau dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan individu atau perseorangan.

Asuransi kesehatan
Asiransi kesehatan

Asuransi kesehatan kelompok

Ketiga , asuransi kesehatan kelompok yaitu produk asuransi kesehatan yang dapat melayani jaminan kesehatan secara kelompok. Jenis asuransi ini biasanya diminati oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memperlihatkan kemudahan kesehatan kepada para karyawannya. Oleh alasannya yaitu itu , pihak perusahaan biasanya akan mendaftarkan semua karyawan yang bekerja di perusahaannya tersebut secara otomatis sehingga secara sadar atau tidak saat anda menjadi karwanan di perusahaan tersebut; maka anda juga secara eksklusif telah menerima asuransi kesehatan tersebut dan anda bias menggunakan asuransi tersebut saat anda membutuhkannya.

Selain tiga jenis diatas , asuransi kesehatan juga dapat dilihat dari jenis perawatannya yaitu asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan. Perbedaan yang melekat dari kedua jenis asuransi tersebut terletak pada beban resiko yang diemban oleh pihak perusahaan. Untuk asuransi kesehatan rawat jalan , anda sebagai nasabah hanya akan diberikan biaya pengobatan dan perawatan dari dokter. Sementara itu , pada asuransi kesehatan rawat inap selain dua hal tadi anda juga akan diberikan biaya rawat inap termasuk biaya kamar perawatan selama anda berobat di rumah sakit yang dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar