Minggu, 06 Agustus 2017

Mengintip Cara Kerja Perusahaan Asuransi Kesehatan

Setiap perusahaan pasti mempunyai cara kerja masing-masing. Begitu juga dengan perusahaan asuransi kesehatan. Cara kerja ini berkaitan dekat dengan pelayanan atau service yang akan diberikan kepada para pelanggannya. Cara kerja ini harus benar-benar dipahami semoga anda dapat bergabung dengan perusahaan asuransi serta menerima manfaat asuransi yang sesuai harapan. Dalam postingan ini anda akan memperoleh penjelasan bagaimana cara kerja asuransi kesehatan , khususnya yang ada di Indonesia.

asuransi kesehatan
Cara kerja asuransi kesehatan

Cara pengajuan polis

Pertama , cara kerja asuransi kesehatan yang berkaitan dengan pengajuan polis. Apa yang dimaksud dengan polis? Polis ialah dokumen perjanjian secara tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan (penanggung) dengan nasabah asuransi (pihak tertanggung). Apabila anda mengajukan polis gres kepada pihak perusahaan asuransi kesehatan , maka pihak perusahaan akan segera memprerifikasi pengajuan tersebut dengan melaksanakan proses penilaian terlebih dahulu yang dikenal dengan sebutan underwriting. Underwriting tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan asuransi supaya dapat diketahui apakah pengajuan polis tersebut memenuhi syarat untuk diasuransikan atau tidak.

Riwayat kesehatan

Disisi lain , anda sebagai pemohon juga harus bicara apa adanya dikala diwawancarai oleh perusahaan terkait history atau riwayat kesehatan anda pada masa yang lalu alasannya ialah pihak asuransi tidak akan mengabulkan klaim apabila anda mempunyai penyakit yang historis. Kejujuran ialah kunci utama dikala anda diwawancarai. Lebih dari itu , tidak hanya wawancara kepada pemohon saja , biasanya pihak perusahaan akan melaksanakan crosscheck kepada pihak ketiga untuk memastikan apakah semua data yang telah disampaikan tersebut betul atau tidak. Setelah dilakukan crosscheck dan ternyata data yang anda berikan sudah cocok , maka pihak perusahaan akan segera mengangkat anda untuk menjadi nasabah perusahaan asuransi kesehatan tersebut.

Klaim nasabah

Kedua , cara kerja asuransi kesehatan yang berkaitan dengan klaim yang diajukan oleh nasabah. Setiap klaim yang diajukan tidak akan pribadi ditanggapi begitu saja oleh pihak asuransi alasannya ialah semua itu akan didasarkan pada ketentuan-ketentuan atau persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Tentu saja hal itu sudah tertuang dalam polis asuransi dikala anda mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi tersebut. Provisi atau sejumlah ketentuan dalam polis tersebut sengaja dibuat semoga salah satu pihak baik dari pihat penaggung dan tertanggung tidak ada yang dirugikan. Klaim yang sesuai dengan ketentuan , maka kemungkinan besar akan di ACC oleh pihak perusahaan , namun bila anda mengada-ada atau bahkan melaksanakan upaya penipuan; maka bersiap-siaplah alasannya ialah anda akan diperkarakan di meja hijau.

Validasi pemerintah

Cara kerja asuransi kesehatan juga sangat berkaiatan dengan keabsahan validasi dari pemerintah. Setiap perusahaan asuransi kesehatan baik local mauapun yang berasal dari luar negeri memang diwajibkan untuk melaksanakan proses validasiterlebih dahulu. Perusahaan asuransi yang sudah divalidasi secara ketat oleh pemerintah , khususnya lembaga regulator yang berwenang memang telah dijamin semoga dapat mengedepankan service yang memuaskan sehingga anda tidak akan mengalami yang namanya susah klaim maupun gagal klaim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar