Rabu, 02 Agustus 2017

Sekilas perihal Perkembangan Asuransi Kesehatan di Nusantara

Sejarah perkembangan asuransi di nusantara tercinta ini menurut para jago memang cenderung lebih lambat kalau dibandingkan dengan prospek perkembangan asuransi kesehatan di negara-negara berkembang laninnya yang ada di ASEAN menyerupai halnya Singapura , Malaysia , Brunai Darussalam , dan lain sebagainya. Apakah anda oke dengan pernyataan ini , atau anda mempunyi pandangan lain? Kita akan bahas bersama apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya.

perkembangan asuransi kesehatan
Perkembangan Asuransi kesehatan

Mengapa perkembangan asuransi kesehatan tersebut cenderung lebih lambat? Ada beberapa factor yang mempengaruhinya diantaranya ialah factor demand yang rendah. Demand ialah angka yang menggambarkan pendapatan penduduk suatu negara. Jika angka tersebut pertanda hasil yang rendah , maka secara otomatis minat masyarakat terhadap asuransi pun akan sangat minim. Mereka lebih baik memikirkan bagaimana untuk mencari sesuap nasi daripada memikirkan asuransi. Pandangan itu memang tidak akan dapat dipungkiri kalau suatu negara masih mempunyai pendapatan penduduk dibawah rata-rata.

Faktor perkembangan suransi

Faktor berikutnya yang mensugesti lambatnya perkembangan asuransi di Indonesia ialah factor yang berkaitan dengan jumlah perusahaan asuransi yang masih sangat terbatas. Dengan terbatasnya jumlah asuransi kesehatan yang ada. maka sosialisasi ihwal hal itu pun akan sangat sulit untuk hingga kepada masyarakat. Oleh alasannya ialah itu , walaupun ada sebagaian masyarakat yang bisa untuk mengajukan asuransi tersebut. Namun mereka sedikit terhampat dengan minimnya pengetahuan ihwal manfaat dari asuransi kesehatan.

Fasilitas kesehatan

Selanjutnya , buruknya akan kualitas dan akomodasi kesehatan dituding menjadi salah satu aspek penyempurna mengapa asuransi kesehatan di Indonesia sulit berkembang. Memang benar , kalau akomodasi dan kualitas kesehatan yang ada di suatu negara belum cukup memadai , bagaimana asuransi kesehatan akan menunjukkan layanan kesehatan yang bagus. Sebuah perusahaan asuransi kesehatan yang ada dan didirikan di suatu negara , mereka akan ber-partner dengan salah satu rumah sakit yang recommended dan banyak digunakan oleh warga sekitar. Jika kualitas dan pasilitasnya masih kurang , tentu saja pihak perusahaan asuransi akan berfikir ulang.

Badan hukum yang jelas

Terakhir , asuransi di Indonesia memang tidak dipayungi oleh tubuh hukum yang terang , berbeda dengan sekarang yang sudah memiliki dasar hukum yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam menjalankan perusahaan asuransi tersebut. Lambatnya penerbitan landasan hukum yang terang , otomatis banyak perusahaan asuransi yang akan menunjukkan pelayanan di Indonesia pun menjadi ragu alasannya ialah suatu perusahaan yang tidak formal suatu ketika nanti akan menjadikan sesutau yang tidak jelas.

Kesimpulannya , perkembangan asuransi di Indonesia ternyata dipengaruhi oleh beberapa factor , diantaranya ialah factor pendapatan penduduk yang rendah , minimnya perusahaan asuransi yang beredar di Indonesia , kurang baiknya pelayanan kesehatan , dan belum adanya landasan hukum yang terang dalam memayungi perusahaan asuransi kesehtan. Namun , kini sebagaian dari orang Indonesia memang sudah mengenal dan tidak tabu lagi dengan yang namanya asuransi termasuk dengan asuransi kesehatan sehingga mereka berbondong-bondong untuk join dengan perrusahaan-perusahaan asuransi yang ada di sekitar kawasan tinggal mereka. Baca juga Kupas Tuntas ihwal Premi Asuransi Kesehatan terima kasih dan supaya bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar